Cattleya di Teras Rumah

chia lin

Cattleya

Cattleya adalah tanaman epiphyte*). Di habitat aslinya anggrek ini  hidup   menumpang pada pohon-pohon kayu  besar,  sehingga  mereka terlindung dari paparan sinar matahari langsung  dan   memperoleh kelembaban  yang sangat mereka butuhkan.

Cattleya tidak menyukai sinar matahari langsung sepanjang hari. Tapi mereka senang mendapat sinar langsung di pagi hari selama 4-5 jam sehari, atau sinar terang sehari penuh. Ini berarti Anda dapat menaruh Cattleya kesayangan Anda di dalam rumah, di dekat jendela,   atau di teras rumah Anda.

cattleya

Untuk tahu  apakah Cattleya Anda telah memperoleh kebanyakan atau kekurangan sinar, perhatikan  daunnya. Bila daunnya berwarna hijau gelap, itu pertanda Cattleya Anda kekurangan sinar matahari. Sebaliknya,  bila kelebihan sinar, warna daunnya akan menjadi hijau kekuningan.

– Sinar matahari yang cukup akan membuat  Cattleya rajin berbunga. Selain merangsang pembentukan bunga, sinar matahari juga membuat tanaman lebih kuat, tahan serangan penyakit dan mampu mengumpulkan makanan cadangan. Makanan cadangan ini akan tersimpan di dalam  bulb*). Bulb yang padat  berisi akan rajin menghasilkan tunas dan bunga..

Cattleya betah dan akan rajin berbunga pada lingkungan bertempreatur antara 15-35 derajat C. Berarti Indonesia adalah surga bagi kaum Cattleya. Tak ada alasan untuk tidak menanam Cattleya di negeri tercinta ini. Tempreatur yang cocok buat kita berarti cocok pula buat Cattleya.

– Air juga merupakan kebutuhan pokok bagi Cattleya. Tapi jangan sekali-kali akar tanaman ini terendam dalam air atau media yang becek. Ceklah media tanamnya, jangan sampai terlalu padat. Media yang baik, akan mengeluarkan sisa air siraman yang berlebihan.

Cattleya memerlukan penyiraman secara teratur, namun ia juga memerlukan waktu  kering beberapa saat, sebelum disiram lagi. Saat disiram, akar akan menyerap air sebanyak-banyaknya untuk disimpan  dalam akar maupun  bulb.

– Kelembaban adalah sahabat Cattleya.

Tapi becek adalah musuh Cattleya

Jangan segan memasukkan jari Anda ke dalam media pot untuk mengecek apakah medianya masih cukup lembab.

Dan lihatlah Blc.  Chia Lin yang bahagia di teras rumah ini.

Glossary:
*) epiphyte
= tanaman yang hidup   menumpang pada tanaman lain tapi bukan sebagai parasit. Mereka hanya menggunakan tanaman lain, misalnya  pohon kayu besar, sebagai tempat berpegang atau bergantung dan bernaung.
*) bulb = bagian tanaman yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan makanan cadangan.

Teks dan foto oleh Mazna Hashim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s